Tips Membuat Hobi Menjadi Peluang Usaha

Setiap orang pasti punya hobinya masing-masing, ya meskipun kadang ada yang tidak menyadarinya kalau kegiatan yang dilakukannya saat senggang itu sudah menjadi kesukaannya. Bagi banyak orang, hobi masih dijadikan sebagai sebuah kegiatan untuk mengisi waktu luang saja dan sekadar ajang senang-senang. Padahal hobi bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Apalagi buat yang hobinya butuh modal yang besar, tentu ingin hobi yang digelutinya ini sedikit-sedikit bisa menghasilkan. Ya meskipun hasilnya nanti diputar kembali untuk memodali hobinya ini.

Karena jangan sampai karena hobimu ini malah mengikis keuanganmu. Hati senang kalau tidak punya uang, kan ya sedih. 😀 Untuk itu ada baiknya kita coba untuk membuat hobi menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Tekuni Hobimu

Kalau kamu sudah yakin itu hobinya, ya tekuni. Cari tahu hal-hal sedetail mungkin tentang bidang yang berhubungan dengan hobi mu itu. Misalnya saja kamu hobi memelihara burung kicau, ya kamu cari tahu jenis-jenis burung tersebut apa saja, makanannya apa, cara perawatannya bagaimana, dll.

Dengan mengetahui lebih dalam tentang hobi kamu tersebut, nantinya kamu akan banyak punya pengalaman dan ilmu yang berhubungan dengan hobi tersebut.

2. Bergabung dengan Komunitas

Untuk lebih memperkaya pengalaman dan wawasan mu tentang hobi tersebut, bergabunglah dengan komunitas. Di komunitas kamu akan banyak sekali mendapatkan pengalaman baru dari para penghobi lain. Dan kadang kamu akan dapat ilmu-ilmu yang belum kamu ketahui sebelumnya.

Dengan bergabung di komunitas ini kamu juga bisa menjalin lebih banyak relasi, yang nantinya sangat berguna saat kamu sudah membuka usaha.

3. Cari Tahu yang Dibutuhkan

Karena kamu sudah mempelajari soal hobi kamu tersebut, dan terjun di komunitas, maka tentu kamu sudah bisa memiliki pandangan apa-apa saja yang menjadi kebutuhan para penghobi. Nah dari sini kamu bisa jadikan itu sebagai peluang usaha.

Kamu bisa fokus pada satu produk saja atau bisa juga menjual berbagai macam kebutuhan yang berkaitan dengan hobi kamu itu.

Hobi Action Figure

4. Sasar Pasar Baru

Awal-awal kamu boleh menawarkannya ke orang-orang yang sudah ada dalam komunitas, tetapi agar usaha kamu bisa berkembang, sasarlah pasar baru. Kamu bisa menyasar orang-orang yang belum punya hobi seperti itu. Sehingga jaringan usaha kamu akan semakin luas dan tidak terpaku pada orang-orang yang sudah terjun di hobi itu.

5. Buat Komunitas

Jika awalnya kamu harus bergabung di komunitas, kini dengan memiliki usaha yang sesuai dengan hobi, kamu bisa membuat komunitas. Kamu bisa menjadikan pelanggan-pelanggan kamu bergabung di komunitas. Secara tidak langsung ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan tentunya memperkuat branding usaha kamu.

Bicara masalah branding, jangan lupa untuk membranding usaha kamu agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat umum.

Memiliki usaha yang sesuai dengan hobi itu sangat menyenangkan sekali. Kita bisa menjalankannya tanpa beban, karena dari awal sudah sangat mencintai hobi itu. Akan tetapi yang perlu dijadikan perhatian adalah, hati-hati terhadap masalah keuangan. Kadang karena usaha sesuai dengan hobi, masalah keuangan dihirauakan dan kurang ditata dengan baik.

Sehingga usaha yang dirintis dari hobi bukannya terus berkembang tapi malah gugur di tengah jalan. Jangan sampai seperti itu karena jika sudah berkecimpung dalam dunia usaha, hal-hal seperti itu perlu diperhatikan. Jadikan hobi untuk penyemangat membangun usaha, tetapi tetaplah belajar bagaimana mengembangkannya secara ilmu tata usaha.

image via pixabay.com

Leave a Comment