Tirto Bantolo Sentolo, Kolam Renang Murah Meriah

Sentolo, sebuah kota kecamatan kecil. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sleman di sisi timur dan selatan. Sekaligus berbatasan langsung juga dengan Kabupaten Bantul di sisi timur dan selatan. Maka tak heran mobilitas di kota kecil ini juga cukup tinggi.

Kering dan panas. Demikian menggambarkan daerah ini saat musim kemarau. Namun demikian, tak mengurangi minat warganya untuk tetap menikmati hari liburnya. Apalagi di sini terdapat sebuah kolam renang yang cukup kondang. Tiro Bantolo, demikian namanya.

Tirto Bantolo Sentolo, Kolam Renang Murah Meriah
Omah Miring yg menjadi ciri khas kolam renang Tirto Bantolo.

Hanya berjarak 75 meter dari jalan raya Yogya – Wates, km. 16,5. Tepat di sebelah timur lapangan Asrama Brimob Sentolo. Kolam Renang Tirto Bantolo mudah ditempuh dengan transportasi umum jenis apapun. Maka tak heran, disaat hari libur pengunjungpun berjibun. Tak imbang dengan lokasi kolam renang yang tak terlalu luas.

Tirto Bantolo Sentolo, Kolam Renang Murah Meriah
Tiket masuk hanya Rp. 5.000,- saja.

Tingginya minat pengunjung karena ada dua (2) hal yang cukup istimewa di sini. Pertama, harga tiket yang tak lebih mahal dari sebungkus snack kekinian. Hanya Rp. 5.000,- saja. Ke-dua, adanya bangunan unik di bagian depannya. Pengunjung biasa menyebutnya dengan “Omah Miring“.

‘Ketidakumuman’ itulah yang menjadi daya tariknya. Sehingga beberapa pengunjung tak akan sia-siakan keberadaannya. Cukup instagramable berfoto dengan Omah Miring. Pun demikian juga dengan beberapa sudut di area kolam renang.

Tirto Bantolo Sentolo, Kolam Renang Murah Meriah
Kolam renang balita.

Kolam renang ini begitu disukai anak-anak atau pelajar. Sebab kolam renang buka sepanjang minggu. Hanya hari tertentu saja libur untuk dibersihkan. Buka sejak pukul 07.30 hingga 17.30.

Meski tempatnya tak terlalu luas, namun ada tiga (3) kolam yang disediakan. Kolam balita, kolam anak-anak, serta kolam dewasa. Untuk kolam balita terdapat perosotan. Biasanya yang memakai justru anak-anak, yang nota bene bukan balita. Hehehe

Tirto Bantolo Sentolo, Kolam Renang Murah Meriah
Kolam renang dewasa.

Untuk kolam renang dewasa, kedalaman sampai dengan 2 meter. Sangat disukai anak-anak yang mahir berenang. Termasuk terjun dari sudut timur. Memanfaatkan kontur relief yang ada. Cukup berbahaya sebenarnya. Tapi hal tersebut malah menjadi tantangan tersendiri.

Tirto Bantolo Sentolo, Kolam Renang Murah Meriah
Sisi favorit untuk orangtua menunggu buah hatinya.

Untuk balita dan anak-anak sangat disarankan orangtua selalu mengawasi. Apalagi jika mereka sedang seru bermain air. Di sini tidak menyiapkan ‘life guard‘. Satu hal yang cukup riskan sebenarnya.

Bagi mereka yang tak membawa bekal dari rumah, di sini juga disediakan kantin. Makanan kecil berupa gorengan atau yang lain dapat diperoleh. Harganyapun sangat terjangkau. Demikian juga dengan mie siap saji serta minuman. Maka tak heran, cukup membawa bekal 15 ribu saja sudah mendapat apa saja. Badan sehat, perut kenyang, dan hati riang.

Oh ya, bagi mereka yang mau tunaikan salat Zuhur atau Ashar jangan khawatir. Sebuah musala mungil dan unik juga disediakan. Meski bisa menampung hanya sekitar empat atau lima orang saja.

Tirto Bantolo Sentolo, Kolam Renang Murah Meriah
Tempat bilas.

Sementara untuk tempat bilas, tersedia beberapa. Demikian juga untuk ruang ganti dan kamar mandi. Kebetulan saat saya ke mari kondisi cukup bersih. Berbeda dengan beberapa minggu sebelumnya. Sehingga sayapun memberi saran kepada ibu pengelolanya.

Nah, ada alternatif tempat renang murah meriah di Yogya barat kan? Berwisata sekaligus berolah raga. Menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Leave a Comment