Wisata Edukasi Batik Bojonegoro di Desa Ringintunggal

AyoBerbagi.id – Tanggal 02 Oktober 2018 ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Selamat Hari Batik Nasional Ke-9 ya gaes. Oh ya, ngomongin tentang batik, AyoBerbagi.id akan berbagi informasi mengenai Wisata Edukasi Batik Bojonegoro yang dikembangkan oleh Ibu Iswatun dari Desa Ringintunggal RT.002/RW.001 Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro – Jawa Timur.

Sejak September 2017, Ibu Iswatun mengikuti lomba desain motif batik Gayam yang diselenggarakan oleh  ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Ademos Indonesia.

Berbekal dari pengalaman mengikuti lomba desain batik dan pelatihan membatik yang diikutinya, perempuan asal Desa Ringintunggal ini kemudian mendirikan usaha batik yang diberi nama Kristal Jaya Batik. Ia pun lantas memasarkan kain batik buatannya melalui jualan online maupun offline.

Bulan April 2018, Ibu Iswatun mulai melirik dan mengembangkan batik melalui konsep wisata edukasi berbasis batik yang ditempatkan langsung di halaman rumahnya. Dia tidak sendirian melainkan didukung oleh Nur Rahmat suaminya dan beberapa teman lainnya.

Wisata Edukasi Batik Bojonegoro ini sangat sederhana sekali dengan tujuan mengajak warga sekitar dan pengunjung yang datang untuk mengenal lebih dekat proses pembuatan batik yang dikemas melalui aktivitas 3 B (Bermain, Belajar dan Berkreasi). Jadi pengunjung akan merasa lebih seru, fun dan ceria saat diajari proses membuat batik.

Untuk pengunjung yang datang dikenakan tarif tiket masuk bervariasi sesuai paket yang ditawarkan dengan beberapa fasilitas (lihat gambar).

Paket Wisata Edukasi Batik

Sambut bergayung, ide wisata edukasi tersebut mendapat dukungan dan sambutan hangat dari Pemerintah Desa Ringintunggal yang kebetulan sedang mengembangkan desa wisata.

Dan ide wisata edukasi itu tidak hanya sekedar konsep, tapi sudah berjalan dan dikembangkan oleh Ibu Iswatun di Desa Ringintunggal. Pengunjung yang berdatangan kebanyakan adalah pelajar di sekitar wilayah Kecamatan Gayam beserta guru pendampingnya.

Selain untuk membatik, pengunjung juga bisa mengunjungi Wisata Agro Jambu Kristal, Wisata Budidaya Jamur Tiram, Wisata Telusur Sawah, Angkringan Joko Thole yang dikembangkan Karang Taruna dan fasilitas lainnya yang terdapat di Desa Ringintunggal.

Wisata Edukasi Batik Bojonegoro

Tertarik berkunjung ke Wisata Edukasi Batik Bojonegoro di Desa Ringintunggal? Informasi kunjungan bisa menghubungi Ibu Iswatun melalui nomor WhatsApp 085733482541

Semoga menginspirasi desa lain di Bojonegoro untuk berinovasi memajukan kampung halamannya sehingga memajukan perekonomian warga. (kakdidik13)

1 thought on “Wisata Edukasi Batik Bojonegoro di Desa Ringintunggal”

  1. Saya selalu kagum dengan tipe Ibu Iswatun ini. Mental pengusaha dan kreatif. Semoga sukses untuk kedepannya.

Leave a Comment